Arti Dan Makna Primbon


Arti Dan Makna Primbon? Apa arti kata Primbon? Apa makna kata Primbon? Apa Definisi Primbon? Pada kesempatan kali ini kami postingkan Definisi Primbon untuk menjawab pertanyaan tersebut,dari pelacakan secara online yang memuat arti dan makna primbon sangat sedikit sekali, bahkan yang mendefinisikan hanya sebatas pengetahuan cara pandang yang mereka ketahui saja. Dengan hal tersebut maka kali ini di bahas guna untuk menambah ilmu pengetahuan kita yang terkait dengan arti dan makna primbon itu sendiri. Kata Primbon tentunya sering kita dengar, terutama oleh orang-orang jawa. Primbon diedentikkan suatu buku atau kitab yang memuat berbagai perhitungan atau ramalan bahkan tatacara lelaku beragam keilmuan gaib berupa pengasihan, kerejekian, keselamatan, kanuragan, jaya kawijayan, kebatinan,dsb. Banyak orang mengenal primbon tetapi istilah atau definisi kata primbon itu sendiri banyak yang tidak mengetahuinya. 

Dari wedaran menurut Raden Tjakra Djajaningrat mengenai istilah Primbon dibeberkan sebagai berikut: PRIMBON berasal dari kata PRIM (Primpen=disimpan/disembunyikan/dikumpulkan/dihimpun) dan BON (babon=induk=asal usul). Jadi istilah Primbon bisa diartikan induk pengetahuan atau dimaknai kumpulan ilmu pengetahuan. 
Primbon dalam masyarakat jawa diyakini sebuah kitab yang memuat bebagai ilmu pengetahuan warisan leluhur yang adi luhung yang memuat mengenai perhitungan dengan penanggalan (hari dan pasaran) untuk mencari hari baik untuk suatu keperluan seperti acara pernikahan, jalan mencari rejeki, bercocok tanam, bakulan/dagang, bahkan terkait dengan berbagai ramalan atau tanda-tanda suatu kejadian. Adapula primbon yang memuat beragam ilmu gaib dan kebatinan guna sebagai bekal dijadikan piandel dalam kehidupan sehari-hari.
Primbon mulai dikenal sejak zaman islam masuk di tanah jawa ini, primbon merupakan suatu catatan kumpulan ilmu gaib dan pengetahuan masyarakat  jawa kuno waktu itu yang sangat kental dengan budaya mistis, maka dari itu dalam bentuk syiar islam para walisongo berinisiatif untuk menghimpun catatan-catatan kuno yang terpengaruh dengan ajaran hindu dan budha untuk digubah dengan menyisipkan ajaran islam mengganti kalimat pemujaan pada dewa dan pedanyangan (makluk gaib) digantikan dengan kalimat ayat al quran, maka sering ditemui pada mantra dalam primbon ada percampuran bahasa jawa dan arab. Sedang perhitungannya dari tahun saka digubah dan disesuaikan dengan penanggalan hijriyah tahun islam. Mengenai syiar islam terbesar terkait dalam bentuk perubahan penanggalan hijriyah direalisasikan oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo raja mataram islam dengan tujuan untuk mempersatukan umat islam waktu itu melawan VOC belanda dan membentengi dari syiar agama baru yakni kristen/katolik. Demikian sekilas mengenai arti dan makna serta sedikit penjabaran yang terkait dengan primbon. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.


Sumber: primbonajimantrajawa.blogspot.com

Animated Pictures Myspace CommentsAnimated Pictures Myspace Comments